Ketua TP PKK Kab. Bengkalis Hj Embung Megasari Zam meninjau salah satu stand sempena peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-43

BENGKALIS – Penjabat Bupati Bengkalis H Ahmad Syah Harrofie mengatakan, melalui 10 Program Pokok PKK, pelaksanaan kegiatan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) selalu bersentuhan langsung dengan keluarga.

“Untuk itu, mari kita dukung setiap program-program TP PKK di semua tingkatan,” ujar Ahmad Syah. Ajakan itu disampaikannya pada puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-43 tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2015.

Acara puncak peringatan yang juga dihadiri Pelaksana Tugas Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Ny Hj Embung Megasari Zam dan Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis tersebut, dipusatkan di Desa Perapat Tunggal, Kecamatan Bengkalis, Rabu (2/9/2015).

Dikatakan Ahmad Syah, selama ini peran aktif TP PKK di berbagai bidang di daerah ini sudah sangat dirasakan oleh masyarakat. Pada bidang pendidikan misalnya, katanya, TP PKK telah berperan dalam membentuk karakter generasi penerus dengan adanya pendidikan anak usia dini yang sebagian besar dimotori oleh kader-kader PKK.

Dalam upaya perbaikan dan peningkatan gizi peserta didik, imbuhnya, TP PKK telah telibat aktif dalam penyediaan makan tambahan anak sekolah (PMT-AS). Kemudian, pada bidang kesehatan TP PKK juga telah berperan sebagai garda terdepan dalam melaksanakan kegiatan.

“Contohnya kegiatan di Posyandu. Baik itu menyangkut kesehatan ibu dan anak, Keluarga Berencana (KB), imunisasi, gizi dan penanggulangan diare serta pendidikan dan pemberian motivasi kepada masyarakat untuk berprilaku hidup bersih dan sehat,” ujar Ahmad Syah.

Meskipun demikian, Ahmad Syah tetap mengharapkan seluruh pengurus TP PKK di daerah ini terus membudayakan 10 Program Pokok PKK. Karena program-program tersebut merupakan kekuatan strategis dan sangat menentukan keberhasilan pembangunan di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini. Khususnya pembangunan keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat.

“Saya optimis, apabila 10 Program Pokok PKK tersebut semakin membudaya, maka PKK dapat menjadi pilar yang semakin kokoh yang tidak hanya terfokus pada kesejahteraan. Namun juga dapat menekan laju pertumbuhan penduduk dengan KB,” kata Ahmad Syah.

Selain itu, sambung Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemprov Riau ini, melalui program pengembangan berkoperasi, TP PKK juga dapat menanamkan dasar demokrasi ekonomi. Kemudian, juga dapat mengenalkan strategi untuk mengembangkan usaha guna meningkatkan taraf hidup melalui pembinaan usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera.

Sementara itu usai meninjau stand pameran industri rumah tangga anggota PKK dari sejumlah desa di Kecamatan Bengkalis di lokasi kegiatan puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-43 tersebut, kepada wartawan, Hj Embung Megasari Zam mengatakan, pelaksanaan 10 Program Pokok PKK di bawah kepemimpinan Ketua TP PKK sebelumnya, sudah berjalan dengan baik.

Sedangkan fokus kegiatan TP PKK daerah ini ke depan, ujar Embung yang mulai ditugaskan sebagai Pelaksana Tugas Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis pada Rabu (5/8/2015) lalu, adalah meningkatan pemberdayaan ekonomi keluarga melalui peningkatan kualitas dan kuantitas industri rumah tangga yang ada.

“Potensi ini di Kabupaten Bengkalis sangat besar. Saya optimis, jika tergarap dengan baik, keluarga-keluarga di daerah ini bukan hanya semakin berdaya, tetapi juga kian sejahtera. Makanya ke depan kita akan fokus pada hal ini. Namun demikian tentu perlu dukungan seluruh pemangku kepentingan terkait,” ujar istri Ahmad Syah ini. (Rudy.H)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>