Dompet Dhuafa Riau Melayani Masyarakat Kawasan Taman Nasional Bukit Tigapuluh

InhuINHU -Suara Riau – Desa Rantau Langsat yang terdiri dusun lemang, dusun nunusan, dusun air bomban dan dusun sahdan serta paling ujung dusun datai merupakan kawasan Taman Nasional Bukit Tigapuluh yang dimiliki oleh Provinsi Riau tepatnya di Kabupaten Indragiri Hulu.

Penduduk lokal yang mayoritas hidup dari hasil-hasil hutan baik dari menjual getah ”Jernang” buah dari tumbuhan sejenis rotan dan juga hasil hutan lainnya. Dalam misi Dompet Dhuafa dalam hal dakwah keislaman, kami Dompet Dhuafa Riau telah mengirimkan 3 da’i dengan program Da’i Pedalaman yang bertugas di desa itu sudah 5 bulan berjalan. Dengan fokus membina dan mengajarkan tentang agama islam yang meliputi akidah, ibadah, dan juga mengajar ngaji anak-anak di desa tersebut. Akses yang langsung berdampingan dengan Hutan Taman Nasional Bukit Tigapuluh menjadi perhatian yang serius bagi Dompet Dhuafa dalam mensyiarkan Islam juga program-program pemberdayaan yang juga kami targetkan hingga ke dusun Datai yang di huni oleh suku Talang Mamak, Ujar Ali Bastoni Pimcab Dompet Dhuafa Riau.

Dalam Rangka melakukan peningkatan program lanjutan, setelah penempatan da’i di dusun Lemang, dusun Nunusan dan dusun Air Bomban yang merupakan bagian desa Rantau Langsat. Dompet Dhuafa Riau bersama Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa melakukan aksi kesehatan dengan tema ketahanan anak komprehensif yang terdiri dari aksi layanan sehat, edukasi perilaku hidup bersih, analisis kecacingan anak-anak, dan tumbuh kembang anak spesifik pemenuhan gizi hingga pemberian makanan gizi tambahan. Rangkaian program yang dilakukan sejak hari Jumat (04/03) hingga hari minggu (06/02).

Lebih lanjut, Ali Bastoni memaparkan bahwa, rangkaian program ini akan berjalan selama 14 hari kedepan dengan memberikan makanan untuk pemenuhan gizi tambahan. Setelah kita lakukan pengkajian awal mengenai tingkat kesehatan dan juga tumbuh kembang anak pada rangkaian awal, dan setelah itu dilakukan tambahan makanan ini. Setelah genap 14 hari, tentu kami akan lakukan evaluasi secara menyeluruh mengenai tingkat kesehatan setelah program ini.

Dalam sambutanya, Muhammad Nasir selaku sesepuh tokoh masyarakat yang juga pernah menjabat kepala desa Rantau Langsat sangat menyambut positif program-program dari Dompet Dhuafa Riau. Dengan suasana haru saat selesai pemeriksaan kesehatan, Nasir menyampaikan bahwa, kami sangat berkesan dengan Dompet Dhuafa, serta berharap program dari dompet dhuafa dapat terus di buat di kampung kami. Karena kami disini juga akan selalu menjaga hutan taman nasional bukit tiga puluh ini untuk kebaikan anak cucu kita nanti selamanya.(HM)

Untuk Informasi press release, dapat menghubungi :
HENDI MARDIKA
Head of Fundraising Dompet Dhuafa Riau
Jl Tuanku Tambusai/Nangka No. 145, Pekanbaru, RIAU
Phone :0761 22078
Mobile : 0813 7837 1899
Gmail : mardikahendi@gmail.com
“Bersama Membentang Kebaikan”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>