Terkait Rencana Kunker Menhum HAM RI, Pemkab Rokan Hilir Lakukan Persiapan

1LaolyROKAN HILIR, Suara Riau.Com—Dalam waktu dekat orang nomor satu di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia ( Men Hum Ham ) RI,Yosana Hamonangan Laoly,dikabarkan akan melakukan Kunjungan Kerja ( Kunker ) Kabupaten Rokan Hilir.

Guna menyambut kedatangan laoly,Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir tengah melakukan segala persiapan penyambutan.

“Rencananya Bapak Menteri Hukum dan HAM RI akan berkunjung ke Rohil pada Hari Sabtu, tanggal 23 April 2016 mendatang,”ujar Plt Sekretarias Daerah Rokan Hilir, Drs H Surya Arfan M.Si kepada wartan, Jumat (14/04) tadi.

Informasi yang berhasil dirangkum wartawan menyebutkan,bahwa kedatangan Menteri Hukum dan HAM dari Jakarta ke Kabupaten Rokan Hilir akan didampingi oleh Gubernur Riau, Arsyad Juliandi Rahman dan sejumlah pejabat tinggi pemerintah provinsi Riau lainnya.

Kunjungannya guna melakukan peninjauan secara langsung ke Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B, Cabang Bagansiapiapi, sekaligus meninjau lokasi Rutan yang baru yang rencananya akan dibangun di Simpang 200, Bagansiapiapi, karena Rutan yang lama sudah over kapasitas.

“Rutan kelas II Bagansiapiapi saat ini sudah overkapasitas. Menurut data dari Karutan, Rutan Bagansiapiapi saat ini dihuni 700 napi. Padahal kapasitas sebenarnya hanya mampu menampung 98 napi saja,”ujar Surya.

Serangakain dengan kunjungan Yasonna Lauli nanti ke Rokan Hilir, pihak pemda dan Rutan Cabang Bagansiapiapi nanti akan menyerahkan secara langsung sebuah lukisan yang dihasilkan oleh warga binaan Rutan Bagansiapiapi.

Selain itu, Sekda berharap agar kedatangan Menteri Hukum dan HAM RI ke Rohil ini nantinya menjadi langkah cepat guna merealisasikan pembangunan rumah tahanan (rutan) yang ada di Simpang 200,Kepenghuluan Parit Aman, Kecamatan Bangko.

Ditambahkan, pemindahan rutan lama ke lokasi yang baru ini merupakan langkah maju yang digagas oleh Pemda Rohil. Apalagi, kata Sekda, letak rutan yang lama sangat berdekatan dengan RSUD Bagansiapiapi.

“Nah ini juga harus kita pikirkan, supaya apa, tujuannya warga binaan juga berhak mendapat tempat yang layak sekalipun mereka terpidana,”tandasnya.(RR/WS/Red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>