Untuk Mewujudkan Generasi Muda Bebas Pengaruh Narkoba, Pemprov Riau Tunjuk Bengkalis Sebagai Tuan Rumah AKR

genre2BENGKALIS,Suara Riau.Com- – Dalam upaya mewujudkan generasi muda yang terbebas dari pengaruh narkoba, seks pra nikah dan hal-hal negatif lainnya,

Maka Pemerintah Provinsi Riau menunjuk Bengkalis sebagai tuan rumah dalam Ajang Kreatifitas Remaja tingkat provinsi Riau. Kegiatan yang berakhir 6 Agustus mendatang ini dipusatkan di gedung Cik Puan Bengkalis, Kamis (04/08/2016) tadi.

Acara bertema “melalui ajang prestasi remaja generasi berencana (genre) kita mulai revolusi mental dengan saatnya yang muda yang berencana” dibuka oleh Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman diwakili kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana provinsi Riau T Hidayati Effiza.

Pembukaan juga dihadiri Deputi Bidang Keluarga Sejahtera Pemberdayaan Keluarga Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia, Ambar Rahayu dan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau Yenrizal Makmur.

Dalam kesempatannya, Ambar Rahayu menyebutkan dirinya merasa bahagia bisa hadir ditengah-tenah remaja se-Riau, terkhusus generasi muda Bengkalis. Menurutnya, kegiatan ajang kreatifitas remaja yang diselenggarakan di Bengkalis nantinya melahirkan remaja Riau yang sportif, sehat, cerdas, penuh kreatifitas dan berprestasi.

Sementara itu, Bupati Amril Mukminin yang diwakili Administrasi Umum Setda Bengkalis, H Hermanto Baran dalam sambutannya mengatakan sebuah penghargaan bagi masyarakat dan pemerintah kabupaten Bengkalis, karena dipercaya menjadi tuan rumah kegiatan ini.

“Kepercayaan ini tentu akan menjadi motivasi dan tantangan tersendiri bagi kami untuk menjadikan remaja-remaja di daerah ini khususnya, menjadi remaja yang kreatif” sebutnya.

Terlebih saat ini, imbuhnya, di Indonesia sekitar 25 persen penduduknya merupakan kalangan remaja. Dengan demikian sudah barang pasti banyak sekali terjadi problema dikalangan remaja tersebut yang mesti dihadapi. Seperti permasalahan seks bebas, narkoba, tawuran dan lainnya.

Salah satu cara efektif mengantisipasi berbagai permasalahan yang dihadapi remaja, melalui Pusat Informasi Konseling Remaja (PIKR). Kehadiran PIKR merupakan wadah kegiatan program Genre yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja bertujuan memberi informasi, konseling dan pelayanan bagi remaja, serta kegiatan maupun penunjang lainnya.

“Program ini sangat penting terkait prospek pertumbuhan, kesehatan dan proses reproduksi remaja, sehingga diharapkan dapat tercipta kondisi sehat secara menyeluruh yang dimiliki remaja mulai fisik, mental, emosional maupun seksual”, imbuhnya lagi.

Lanjutnya, dengan peran PIKR dimaksud, sosialisasi program Genre pada kalangan remaja khususnya di sekolah-sekolah sangat efektif, karena komunikasi yang dijalin dilakukan dengan pendekatan dari, oleh dan untuk remaja itu sendiri.

“Selain mendukung program Genre secara khusus, PIKR juga dapat membantu dalam mensosialisasikan program kependudukan dan keluarga berencana secara umum”, pungkasnya.

Pembukaan yang ditandai dengan penabuhan kompang ini juga dimeriahkan dengan berbagai penampilan seperti tarian dari Ikatan Duta Mahasiswa Genre Riau, tari kontemporer oleh PIKR Nuansa SMAN 1 Bengkalis, dan teatrikal PIKR Oskafera MAN Bengkalis.( Mulak Sinaga )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>