Terkait Perkara Perdata No 05, Pihak PN Dumai Lakukan PS Kelingkungan PT Pertamina RU II

sidangDUMAI,Suara Riau.Com—Jum at ( 23/09/16 ) tadi, Pengadilan Negeri Dumai bersama dengan pihak Penggugat dan Tergugat I sampai V berangkat ke lokasi kilang PT ( Persero ) Pertamina RU II Dumai untuk melakukan sidang lapangan/ sidang pemeriksaan  objek perkara

Sebelum berangkat untuk melihat objek perkara yang terletak disekitar lingkungan Kilang PT ( Persero ) Pertamina RU II Dumai,Jalan Putri Tujuh Dumai, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Dumai yang menangani, memeriksa dan mengadili perkara perdata Nomor 05/Pdt.G/2016-PN Dum, terlebih dahulu mengadakan pemeriksaan bukti surat dan memberikan pengarahan kepada para pihak yang dipimpin langsung oleh Ketua Majelis persidangan ( Wakil Ketua Pengadilan Negeri Dumai ), Sarah Louis Simanjuntak SH M Hum.

Dalam persidangan kali ini, Majelis Hakim yang terdiri dari Hakim Ketua,Sarah Louis Simanjuntak SH M Hum, Hakim Anggota Ronal Lumban Tobing SH MH dan Hakim Anggota Alfonsus Nahak SH  MH, terlihat sangat serius melihat dan memeriksa bukti surat berupa peta/ denah lokasi objek perkara yang hendak  mereka tinjau.

Bahkan sebelum menutup jalannya sidang, Ketua Majelis Hakim, mempersilakan pihak Penggugat maupun Para Tergugat untuk memberikan saran, masukan, usulan dan pendapat.” Sebelum pertemuan ini kami tutup.Kami persilakan kedua belah pihak untuk memberikan masukan, pendapat dan tanggapan.”Ujar Sarah Louis Simanjuntak SH M Hum, Jum at ( 23/09/16 ) tadi di ruang sidang Dr Kusuma atmadja SH PN Dumai.

“Terimaksih Majelis. Dikarenakan sidang kali ini adalah pembuktian lokasi objek perkara jadi selaku Penasehat Hukum Penggugat, saya mengsulkan, agar saksi kami yang dulu pernah melakukan pengukuran sebagai staff kantor Kecamatan Dumai Timur dapat di ikut sertakan masuk ke lokasi objek perkara yang akan kita tuju nanti.”Pinta Cassarolly Sinaga SH, seraya mengatakan, kalau saksi yang ia maksud, tertera dalam berkas bukti surat yang ia serahkan pada sidang sebelumnya.

Setelah mendengar usulan Penasehat Hukum dari Penggugat, kemudian Ketua Majelis persidangan bermusyawarah sebentar dengan kedua hakim anggota disampingnya. Setelah bermusyawarah. kemudian Sarah Louis Simanjuntak SH M Hum berkata.

” Baik. Tapi ingat, bagi setiap peserta yang ikut dalam PS nanti, jangan ada yang melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh pihak PT Pertamina.Bilamana ada yang melakukan tindakan diluar kesepakatan. Mereka akan berurusan dengan hukum.”Tandas Sarah Louis Simanjuntak SH M Hum dengan nada tegas

Demikian halnya dengan pihak Tergugat III dan IV, melalui Kuasa Hukumnya juga menyampaikan hal yang sama.”Karena areal yang hendak tuju nantinya adalah area yang sangat berbahaya ( objek vital ) untuk itu, sebagai pihak Tergugat III dan IV, Kami sangat berharap semua pihak yang ikut PS, mengikuti petunjuk dan arahan dari kami.”Ujar perwakilan Tergugat III dan IV saat itu.

Sementara Kuasa Hukum Penggugat Cassarolly Sinaga,SH. saat ditemui di ruang kantornya setelah selesai pelaksanaan Pemeriksaan Setempat, menyebutkan bahwa pelaksanaan PS dilaksanakan dengan baik.

” Yang pasti tadi dari saksi mantan staff Kantor Kecamatan dan dibantu ahli waris telah menunjukkan obyek perkara kepada semua peserta PS. Faktanya, lahan/tanah Alm.Imam Dang memang ada dan sesuai dengan isi gugatan Kami, ternyata belum dilakukan ganti rugi terhadap tanah milik Klien Kami.” ujarnya.

“Pokok perkara dalam gugatan adalah mengenai ganti rugi pembebasan tanah milik Kami. Sehingga tadi saat PS bersesuaian  dengan inti dari gugatan Kami tersebut. Kalau masalah obyek perkara, sudah diketahui oleh Para Pihak”Kata Cassarolly mengakhiri perbincangannya dengan suarariau.com.( Mulak Sinaga )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>