MTQ Ke 41 Bengkalis Memasuki Hari Ke Tiga

syarhilquran3TANJUNGMEDANG, suarariau.com- – Memasuki hari kedua pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-41 tingkat kabupaten Bengkalis, Senin (26/09/16), digelar lomba Syarhil Qur’an, Hifdzil Qur’an dan lanjutan Tilawah Alqur’an.

Penyelenggaraan lomba Syarhil Qur’an dan Tilawah Alquran dipusatkan di astaka utama, lapangan Gedung Medang Perkasa, Rupat Utara, sedangkan lomba Hifdzil Qur’an baik satu juz maupun lima juz tilawah digelar di masjid Nurul Huda Tanjung Medang.

Ketua dewan hakim Syarhil Qur’an, Prof Samsul Nizar menyatakan dalam perlombaan kali ini masih tahap penyisihan dan diikuti delapan grup dari delapan kecamatan sekabupaten Bengkalis, hanya LPTQ kabupaten Bengkalis yang tidak mengutus pesertanya.

Dijelaskan Samsul Nizar, dalam perlombaan Syarhil Quran setiap kelompok terdiri dari tiga orang yang masing-masing bertugas membacakan surah yang telah dipilih, ada yang yang bertugas menterjemakan surah tersebut dan yang bertugas untuk memaparkan isi terjemahan yang disampaikan.

“Tema yang boleh dipilih yaitu kepemimpinan dalam konsep Alquran, etos kerja kualitas sumber daya manusia dan pembangunan bangsa, dan peran manusia memelihara dan melestarikan alam. Karena merupakan satu kesatuan makanya beberapa kriteria yang dinilai juri itu seperti kekompakan, pemilihan materi dan keselaran isi materi yang dipaparkan dengan lantunan surah yang dibacakan”, jelasnya lagi.

Tiga grup dengan nilai tertinggi, lanjut ketua STAIN Bengkalis ini, akan masuk final dan dipertandingkan kembali yang rencananya akan digelar Rabu (28/09/16).

Pantauan dilapangan, kecamatan Mandau tampil pertama membawakan judul kepemimpinan dalam konsep Alquran. Tampil kedua, kecamatan Rupat Utara judul kepemimpinan dalam konsep Alquran “Islam solusi untuk menyongsong modernisasi dan globaliasi”. Disusul kecamatan Pinggir judul kepempimpinan dalam konsep Alquran.

Kemudian, utusan kecamatan Siak Kecil judul syarahan mewujudkan pemimpin yang profesional dan amanah, dilanjutkan kecamatan Bukit Batu judul melestarikan lingkungan hidup menjadi tanggung jawab kita bersama. Disusul kecamatan Rupat judul merekat ulang persatuan dan kesatuan bangsa.

Tampil selanjutnya utusan kecamatan Bantan judul etos kerja kualitas sumber daya manusia dan pembangunan bangsa dan terakhir kecamatan Bengkalis judul peran manusia memelihara dan melestarikan alam.( Mulak Sinaga )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>