Akibat Penegakan Hukum di Riau “ Salah Kaprah”, Seorang Pengurus Partai PDI-P Dumai Layangkan Surat Ke Presiden RI

Gambar Warga PDI-PDUMAI, suarariau.com,–Baru baru ini seorang warga Kelurahan Gurun Panjang bernama Guntur Simbolon mengaku telah melayangkan surat kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo

“Isi surat yang kami kirimkan itu menyangkut masalah proses penegakan supermasi hukum yang terkesan salah kaprah di Dumai,”kata Guntur Wakil Ketua DPC PDI-P Kecamatan Bukit Kapur ( Kota Dumai ) Selasa ( 28/9/16 ) di Dumai.

Salah salah satunya menurut Guntur Simbolon,seperti kasus/perkara dugaan pembakaran lahan dan hutan yang menimpa seorang warga RT 10 Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Bukit Kapur Kota Dumai.

“Ya benar, kemarin saya memang mengirimkan surat kepada bapak Presiden Republik Indonesia. Dalam isi surat saya itu. Saya meminta bapak Joko Widodo untuk segera membentuk dan menurunkan tim pemeriksa dari Mabes Polri dan Kejaksaan Agung RI ke Dumai ( Riau ).”tutur Simbolon.

Ia menuturkan seorang warga Kelurahan Kampung Baru Guntur dituntut 4 tahun oleh Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Dumai, Bernad Simanjuntak SH, hanya gara gara membakar tumpukan sampah dikebun sawit milik RT 10 bernama Agus Syahrial.

“Jika surat kita sudah sampai,semoga mendapat respon dari pihak terkait.Kami sangat mengharapkan tim pemeriksa dari Mabes Polri dan Kejaksaan Agung untuk memeriksa kinerja oknum oknum Kepolisian dan Kejaksaan Negeri Dumai yang menangani perkara No 156/Pid.Sus-LH/Pid/2016/PN Dum, atas nama tersangka/terdakwa/terpidana Misran alias Ipong Bin Abdul Muin,”katanya.

Guntur menambahkan dirinya tidak menginginkan adanya dugaan rekayasa kasus/perkara, seperti yang dialami Misran alias Ipong.Makanya saya memohon kepada pak presiden untuk menurunkan tim pemeriksa ke Dumai.

Ia juga mengaku telah banyak menerima keluhan dari para penghuni LP ( Lembaga Permasyarakatan ) Dumai.Dari keluhan yang diterimanya ternyata di Dumai telah banyak perkara yang diduga dipaksakan dan diperiksa tidak sesuai dengan prosedur hukum.

“Kalau tidak percaya,silakan berkunjung dan konfirmasi ke tahanan yang ada di Lapas /Rutan Dumai itu.”ujar Guntur

.Sama halnya dengan apa yang disampaikan Rian SH.Advokad muda ini juga mengaku pernah jengkel akibat ulah oknum oknum penyidik Polres dan Kejaksaan Negeri Dumai.

“Saya sendiri sering kerepotan untuk membela klien perkara Prodeo di Pengadilan Negeri Dumai ini. Bagus lah, kalau ada warga yang melaporkan hal itu,”kata Rian SH, seraya menyebutkan kalau dirinya sering menangani kasus prodeo perkara narkoba yang mengaku diperiksa Kepolisian tanpa didampingi pengacara.( Mulak Sinaga )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>