Panitia Program Studi Pendidikan Bilogi FKIP UR Kembali Gelar Pekan Raya Biologi 2017 dan Seminar Pendidikan

img_9746-e1476791859418PEKANBARU,suarariau.com—Tanggal 16 November 2016 mendatang, Panitia pelaksana Pekan Raya Biologi 2017 dan Seminar Pendidikan dari Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Univeristas Riau, kembali mengadakan acara Pekan Raya Biologi dan Seminar Pendidikan di Kampus Univeristas Riau.

Ajang kompetisi yang bertemakan ”Kembangkan Inovasi Sains Kreatif Menuju Generasi Muda Berkarakter Melalui Pekan Raya Biologi itu diketuai oleh RIZKY MA’RUF

Kegiatan yang ditaja Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau ini dipimpin oleh Bupati Mahasiswa, IRFAN.

Adanya ide atau gagasan untuk melaksanakan kegiatan ini menurut pihak Panitia, mengingat pendidikan memiliki fungsi yang sangat signifikan dalam  membangun kehidupan anak anak bangsa.

Dalam hal ini menurut pihak Panitia Seminar dan Pekan Raya, termasuk memberikan arah dalam kegiatan pendidikan dan membantu kemajuan suatu bangsa.

Bangsa yang berhasil mencapai tingkat kemajuan kebudayaan dan teknologi tinggi mesti didukung oleh kualitas pendidikan yang sangat kokoh.

Disamping itu, pendidikan juga memuat gambaran tentang nilai-nilai yang baik, luhur, pantas, benar, dan indah , sehingga peran pendidikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara harus terus ditingkatkan. Pendidikan yang baik dan berkualitas tentu akan dapat mewujudkan bangsa yang cerdas serta mampu menunjang potensi Indonesia dalam kancah internasional.

Data dari Biro Sensus Departemen Perdagangan AS menunjukan bahwa  Indonesia menempati peringkat keempat sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia.

Hal ini tentu membuat Indonesia memiliki sumber daya manusia yang cukup untuk memajukan Indonesia menjadi lebih baik. Namun sayangnya, survei dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), terhadap kualitas pendidikan di negara-negara berkembang di Asia Pacific, Indonesia menempati peringkat 10 dari 14 negara.

Kondisi riil di lapangan ini diperkuat dengan beberapa penelitian seperti yang dilakukan oleh Trends in Mathematics and Science Study (TIMSS), siswa Indonesia hanya mampu berada di rangking ke-37 dari 44 negara berkembang dengan kemampuan sains yang baik.

United Nations for Development Program (UNDP) juga menunjukan bahwa Indonesia hanya berada di ururtan ke-110 dari 187 negara di dunia.

Kondisi pendidikan Indonesia belum dapat dikatakan memadai. Hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor, yang salah satu faktornya adalah kurangnya fasilitas yang diberikan kepada siswa/i untuk dapat mengembangkan kemampuannya dibidang akademik. Oleh karena itu, diperlukan suatu wadah yang mampu meningkatkan kemampuan tersebut.

Salah satu upaya untuk meningkatkan pendidikan adalah dengan keikutsertaan dalam mengikuti kompetisi dan pembinaannya terprogram yang melibatkan lembaga/institusi baik Direktorat Pendidikan Kota/Kabupaten, maupun Perguruan Tinggi.

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau sebagai generasi yang peduli dan merasa bertanggungjawab terhadap kemajuan pendidikan di Provinsi Riau, mengadakan serangkaian kegiatan yang dikemas dalam suatu ajang kompetisi yang dapat meningkatkan motivasi, edukasi dan kreatifitas generasi emas masa depan sebagai solusi terhadap permasalahan tersebut.

Penyelenggaraan kegiatan  ini juga turut mendukung program pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan yang cerdas, inovatif dan berprestasi menuju tercapainya visi Riau 2020.

Kegiatan Pekan Raya Biologi ini menurut mereka tidak hanya ditujukan untuk siswa/i tingkat SMP – SMA, namun juga untuk  mahasiswa se-Indonesia baik dari jurusan pendidikan maupun non pendidikan.

Selain itu juga terdapat seminar pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan mutu pendidikan, sehingga kegiatan ini akan menunjang peran guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan guna mewujudkan generasi yang mampu berfikir sains, terampil dan pribadi yang berkarakter.

Pekan Raya Biologi merupakan sarana untuk berkompetisi secara sehat dalam bidang studi biologi. Kegiatan ini tidak hanya menguji kemampuan kognitif namun juga mengasah keterampilan dan kreativitas peserta dalam bidang biologi melalui pelbagai cabang lomba yang diadakan.

1.Dasar Kegiatan

Dasar pelaksanaan kegiatan Pekan Raya Biologi 2017 adalah:

  1. Undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Peraturan Pemerintah No.60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi.
  3. Tri Darma Perguruan Tinggi.
  4. Program Kerja Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi 2016-2017.

2.Tujuan Kegiatan

Tujuan Umum

  1. Berpartisipasi dalam pelaksanaan program pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang handal dan profesional.
  2. Sebagai sarana dalam penerapan kurikulum 2013.
  3. Salah satu bentuk partisipasi mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

Tujuan Khusus

  1. Menciptakan iklim akademik (pembelajaran) bidang Biologi yang kondusif dan terciptanya keterkaitan (link) antara Program Studi Pendidikan Biologi sebagai Lembaga Perguruan Tinggi Kependidikan (LPTK) FKIP Universitas Riau dengan Dinas Pendidikan, sekolah menengah tingkat pertama , tingkat atas se-Riau-Kepri2.Tujuan Kegiatan

    Tujuan Umum

    1. Berpartisipasi dalam pelaksanaan program pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang handal dan profesional.
    2. Sebagai sarana dalam penerapan kurikulum 2013.
    3. Salah satu bentuk partisipasi mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

    Tujuan Khusus

    1. Menciptakan iklim akademik (pembelajaran) bidang Biologi yang kondusif dan terciptanya keterkaitan (link) antara Program Studi Pendidikan Biologi sebagai Lembaga Perguruan Tinggi Kependidikan (LPTK) FKIP Universitas Riau dengan Dinas Pendidikan, sekolah menengah tingkat pertama , tingkat atas se-Riau-Kepri dan Universitas se-Indonesia.
    2. Sebagai sarana penerapan terhadap Kurikulum 2013 dalam tingkat pemahaman dan wawn pengetahuan siswa/i terhadap mata pelajaran Biologi.
    3. Sebagai wadah untuk mengembangkan kemampuan akademik dan kreatifitas dibidang biologi bagi siswa/i maupun mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini
    4. Sebagai ajang kompetisi bagi siswa/i maupun mahasiswa dalam bidang biologi
    5. Penjaringan/seleksi peserta dari Provinsi Riau dan Kepulauan Riau dalam Olimpiade bidang Biologi di tingkat Nasional dan Internasional.
    6. Sebagai sarana untuk mengenalkan Program Studi Pendidikan Biologi pada tingkat Nasional

    3.Jenis Kegiatan

    Bentuk kegiatan yang direncanakan akan dilaksanakan adalah :

    • Tingkat SMP Se-Riau-Kepri
    1. Uji Kompetensi Tertulis Biologi
    2. Uji Kompetensi Laboratorium Biologi
    3. Cepat Tepat
    4. Bio Expo School Competition
    5. Perlombaan Mading 3 Dimensi
    6. Lomba Melukis
    • Tingkat SMASe-Riau-Kepri
    1. Uji Kompetensi Tertulis Biologi
    2. Uji Kompetensi Laboratorium Biologi
    3. Cepat Tepat
    4. Bio Expo School Competition
    5. Perlombaan Mading 3 Dimensi
    6. Lomba Fotografi
    7. Lomba Karya Tulis Remaja
    • Tingkat Mahasiswa
      1. Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional
    • Seminar Pendidikan

    4.Peserta

    Peserta Pekan Raya Biologi 2017 merupakan siswa/i SMP-SMA/sederajat yang mewakili seluruh kota dan kabupaten yang terdapat di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau, yang mewakili guru sekolah menengah, yang mewakili dosen-dosen dari perguruan tinggi serta seluruh mahasiswa se-Indonesia.

    5.Waktu dan Tempat Kegiatan

    1. Tanggal : 16-21 Januari 2017
    2. Tempat : Kampus Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas

                              Riau, Kampus Bina Widya Km 12,5 Simpang Baru, Panam,

                              Pekanbaru.

     

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>