Gebrakan Wakil Bupati Rohil Dalam Menampung Aspirasi Masyarakat

gebrakan-sang-wakil-bupati-rohil-dalam-menampung-aspirasi-masyarakat-1Rohil, suarariau.com –Begitu resmi dilantik menjadi Wakil Bupati (Wabup) Rohil mendampingi Bupati H Suyatno belum lama ini, Drs. Jamiluddin sudah memiliki sejumlah agenda untuk meningkatkan pelayanan masyarakat. Salah satunya, Wabup Jamiluddin telah rutin blusukan dari satu kampung ke kampung lain dalam menyerap aspirasi masyarakat.

Mempunyai tugas membantu Bupati dalam menyelenggarakan pemerintahan daerah dan mengkoordinasikan kegiatan instansi vertikal, menindaklanjuti laporan atau temuan hasil pengawasan, serta melaksanakan pemberdayaan perempuan dan pemuda, dan mengembangkan pelestarian sosial budaya dan lingkungan hidup. Jamiluddin bakal menerapkan sistem kerjanya lebih banyak di lapangan ke timbang duduk di balik meja.

Baginya, blusukan adalah modal kuat untuk merasakan apa yang dibutuhkan rakyat selain tetap memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan yang dibebankan kepadanya. Hasil temuan dari blusukan bakal dikolaborasikannya sekaligus memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan di kecamatan dan kelurahan serta kepenghuluan.

Dengan begitu, dirinya menjadi lebih leluasa dan menguasai materi dalam memberikan saran dan pertimbangan kepada bupati. Karena, melaksanakan tugas dan kewajiban pemerintahan lainnya yang diberikan oleh bupati kepadanya kelak apabila kepala daerah berhalangan dapat ia laksanakan dengan sebaik-baiknya.

Sesuai amanah, blusukan menjadi tradisi untuk menyerap apa yang diinginkan rakyat bakal terus dilakukan Jamiluddin nantinya. Mantan anggota DPRD tiga periode dan dua kali menjabat Wakil Ketua DPRD Rohil bakal membagi waktunya antara di kantor dan di lapangan.

“Sebagai petugas partai, saya akan menjalankan perintah untuk lebih banyak membantu bupati. Tradisi di PDI-P kan kepala daerah wajib blusukan dari kampung ke kampung, termasuk ke pasar sekali pun. Ini untuk mengetahui apa saja yang menjadi masalah di tengah rakyat, dan apa saja yang mereka butuhkan. Sehingga pemerintah hadir bersama rakyat dalam membangun Indonesia ke arah yang lebih baik,” tutur Jamiluddin yang resmi dilantik sebagai Wabup Rohil mendampingi Bupati H Suyatno oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman, Rabu (8/6).

27 Januari 2016 lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rohil menetapkan H Suyatno dan Drs Jamiluddin sebagai pasangan bupati dan wakil periode 2016-2021 melalui rapat pleno hasil Pemilukada serentak 09 Desember 2015. Sejak itu pula, Jamiluddin ditetapkan sebagai Wakil Bupati Rohil terpilih dan akan mengabdikan diri membangun Negeri Seribu Kubah bersama Suyatno.

“Tak ada yang istimewa. Saya akan tetap bersama rakyat. Saya akan membagi waktu antara di kantor dan di lapangan. Malahan saya sudah katakan dengan Pak Bupati H Suyatno kalau saya paling bekerja di kantor 2 jam, sisanya lebih banyak di lapangan. Satu jam sebelum jam pulang, saya akan kembali ke kantor untuk mengecek seluruh tugas pegawai,” beber Jamiluddin.

Menyangkut jarak tempuh yang cukup jauh antara kediaman pribadinya di Kecamatan Bangko Pusako dan rumah dinas di Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko, Jamiluddin menegaskan tidak menjadi persoalan baginya. “Rakyat tidak boleh ditinggalkan. Senin sampai Jumat saya di Bagansiapiapi menjalankan tugas. Jumat sore sampai Minggu saya kan bisa pulang ke Bangko Pusako dan berbaur dengan masyarakat. Jadi ya harus pandai-pandai mengatur waktu. Kasihan kalau masyarakat membutuhkan saya sudah jauh-jauh datang ke rumah (Bangko Pusako) malah saya tidak ada di tempat,” ungkap Jamiluddin yang juga Ketua DPC PDI-P Rohil ini.

Secara terpisah, Wakil Bupati Rokan Hilir Drs Jamiludin juga meninjau langsung kondisi jembatan penghubung kota Sinaboi dengan jalan utama yang menghubungkan kota tersebut menuju jalan lintas ke Bagansiapiapi Rohil yang saat ini kondisinya sudah rusak parah.

Jembatan penghubung yang tergolong rusak parah tersebut, masyarakat Sinaboi sangat mengharapkan kepada Wabub Jamiludin segera dilakukan perbaikan. Dalam audiensi beberapa perwakilan masyarakat dengan wakil Bupati Rohil yang dilakukan saat kunjungan, Rabu (14/9/16), Drs Jamiludin berjanji kepada masyarakat Sinaboi akan memperbaiki jembatan tersebut dalam waktu dekat.

“Kami sangat berterimakasih kepada pak Wakil Bupati yang telah mendengar keluhan kami, dan harapan kami kiranya jembatan penghubung yang sudah rusak parah itu bisa segera diperbaiki,” ungkap Parlindungan Manurung salah satu perwakilan masyarakat setempat.

Menanggapi hal tersebut, Wabup Rohil Jamiludin menegaskan untuk membangun jembatan darurat dengan anggaran 200 juta rupih guna perbaikan sementara, menjelang dibangun permanen dengan mengunakan dana APBD Rohil.

“Kita akan mulai pekerjaan dengan merehab jembatan ini untuk sementara agar bisa dilewati, bulan depan disini juga akan ada acara ritual sembahyang tepekong, maka akan kita rehab dulu menjelang APBD Rohil stabil, apabila APBD kita sudah stabil baru kita lakuan pengerjaan jembatan permanen,” kata Drs Jamiludin.

Ia juga menjelaskan, pengerjaan rehabilitas jembatan tersebut harus dikontrol dengan baik dan ia sendiri akan lansung turun kelapangan, dengan artian bahan yang akan digunakan harus betul-betul berkualitas baik, dan tidak bahan sembarangan.

Dalam kunker tersebut, Wabub juga meninjau pembangunan Mesjid Raya Kecamatan Sinaboi.(wis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>