DPRD: Kelestarian Hutan Mangruve Perlu Dijaga

Rohil, suarariau.com -Ketua Komisi A DPRD Rokan Hilir, Provinsi Riau, Abu Khoiri mengajak warga untuk menjaga hutan mangrove di sepanjang wilayah pesisir Kabupaten Rokan Hilir.

“Kita perlu kesadaran masyarakat  agar aksi perambahan hutan mangrove secara liar di sepanjang wilayah bibir pantai perairan Rohil,dihentikan” kata Abu Khoiri, Selasa (22/11/16) diBagansiapiapi.

Harapnya, agar masyarakat tidak menebang hutan yang berada di sepanjang bibir pantai, karena hutan mangrove merupakan aset yang sangat penting untuk menahan ekosistem laut.

Hutan mangrove merupakan aset yang sangat penting bagi masyarakat, baik yang memiliki profesi sebagai petani maupun nelayan. Selain itu keberadaan hutan mangrove juga dijadikan masyarakat nelayan sebagai tempat menangkap berbagai biota laut seperti kerang dan udang.

Politisi PKB Rohil itu juga meminta kepada masyarakat yang berada di perairan laut Rohil untuk tetap menjaga kelestarian hutan di daerah tersebut. Karena sejauh ini hutan mangrove telah banyak dikonversi menjadi areal perkebunan, bahan baku arang dan yang lainnya.

Padahal, Pemerintah sudah melarang melakukan aktivitas pembukaan lahan yang berada di sepanjang  pingiran hutan, termasuk larangan melakukan eksplorasi terhadap hutan mangrove dan hal itu tampaknya tidak pernah digubris oleh masyarakat dan oknum pengusaha.

“Akibat dari perambahan hutan mangrove itu banyak pantai di Rohil termakan abrasi, sebab benteng alami tidak lagi dapat menahan masuknya air laut,” ulasnya.

Ditambahkannya, hendaknya pemerintah setempat dapat memperhatikan perambahan hutan mangrove dengan sungguh-sunggu, karena akan berdampak kepada pendapatan masyarakat nelayan karena semakin hari semakin menurun.

“Yah, jika hal ini tidak ditanggapi secara serius, ini akan berdampak langsung kepada pendapatan masyarakat nelayan. Karena habitat ikan yang sudah rusak,” timpalnya. (wis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>