Delapan Perusahaan Berkomitmen Untuk Lakukan Penghijauan di Ruas Jalan Protokol

12325013196-img_20170115_152635DUMAI,suarariau.com—Sedikitnya Delapan perusahaan swasta telah siap untuk melaksanakan penghijauan ( penanaman pohon ) di sejumlah ruas jalan protocol yang ada di Kota Dumai.

Adanya kesiapan dan komitmen untuk melakukan penghijauan itu terungkap disaat Walikota Dumai Drs. H. Zulkifli As, Msi bersama Porkompimda dan seluruh Pimpinan Perusahaan yang ada di Kota Dumai mengadakan coffee morning

Coffee Morning yang membahas percepatan program Corporate Social Responsibility (CSR) itu dilaksanakan padda Jum at (13/1/2017) pagi di Balai-balai Rumah Dinas Walikota Jalan Putri Tujuh.

Dan menurut Walikota Dumai, bahwa Program mengenai CSR sudah tertuang aturannya dalam Perwako no. 15 tahun 2016 tentang TJSP Kota Dumai. Namun demikian menurut Walikota Dumai, demi mengantisipasi hal hal yang lebih penting kedepan, maka menurut dia perlu adanya komitmen

” Saya benar benar sedih kalau ada penduduk Kota Dumai yang mengatakan, dianya lebih betah diluar kota daripada di Dumai. Apalagi alas an tak betah itu hanya gara gara  daerah lain lebih indah, sejuk dan bersih ketimbang Kota Dumai. Nah, kedepan bila program CSR ini sudah jalan. Jangan kan orang Dumai, pendatang pun akan betah.”Ujar Zul As

Etalase-etalase perencanaan yang akan dibangun minimal jalan-jalan protokol perkotaan terlebih dahulu setelah itu baru masuk kewilayah pemukiman warga, karena sesuai target nasional ditahun 2019 perkotaan harus bebas dari wilayah kumuh.

Sedangkan untuk Dumai, masyarakat di Kelurahan Laksamana sudah cukup baik atas responnya terhadap penghijauan lingkungan, mereka punya semangat yang luar biasa dalam membenahi lingkungannya dan kini sudah terlihat perubahan-perubahan tersebut, untuk kedepan kita akan membangun program tersebut di 4 (empat) kelurahan, yakni kelurahan Pangkalan Sesai, Rimba Sekampung, Teluk Binjai dan Kelurahan Jaya Mukti. Ungkap wako.

Program Penghijauan tersebut, anggarannya bukan dari APBD Kota Dumai, melainkan dari CSR perusahaan yang sudah dikelompokkan penanggungjawab pelaksanaannya dengan target ditahun 2017 ini sudah harus terealisasi. Kapan mulainya tergantung dari kapan turunnya dana CSR dari masing-masing perusahaan. Karena ada yang Januari ini sudah turun, namun ada juga bulan kedepannya baru turun,” tambah wako.

Adapun pengelompokan perusahaan dan nama koordinator setiap median jalan:

Untuk Jalan Sudirman, PT PLN area Dumai sebagai koordinator, sementara anggotanya Telkomsel, Hotel Grand Zuri, Hotel Comfort, Hotel City, Bank Mandiri, Bank BSM, Dumai Ekspress, Batam Jet, PT BSU, Bank BNI, PT Capella, PT Samudera Indonesia, PT Cahaya Putra, dan Bank BCA.

Jalan Sultan Syarif Kasim, Bank Riau sebagai koordinator, dan anggotanya Hotel Komala, Bank BRI, Bank CIMB, Bank Panin, Hotel Gajah Mada, Dumai Jaya Beton dan PT Telkom.

Jalan Sukajadi sebagai koordinator Wilmar dan anggotanya Hotel Anna Sister, Hotel Super Star, PT Mitra Perkasa, Agung Toyota Dumai.

Jalan HR Soebrantas sebagai koordinator PT Sari Dumai Sejati, dan anggotanya Inti Benua, PT Energi Sejahtera Mas, Dabi Oleo, Oleo Chemical, Indo Pal, PT Semen Padang, PT Ivo Mas, PT Meridan, dan PT SAP.

Jalan Datuk Laksamana sebagai koordinator PT Pelindo II Dumai, dan anggotanya Hotel Southern Asia, PT Naga Mas, PT SAN, PT KLK, PT Larfage Holcim, PT DPA, dan PT Ekadura.

Untuk Jalan Putri Tujuh sebagai koordinator PT Pertamina RU II Dumai, dan anggotanya PT Chevron Pasifik Indonesia, PT Pertamina Patra Niaga, PT Trans Kont, dan PT Pertamnina Patra SK.

Kemudian wako menambahkan untuk tahun depan Pemerintah Kota Dumai akan mengadakan perlombaan yang penilaiannya diketuai langsung oleh Walikota Dumai Drs. H. Zulkifli AS, Msi, yaitu perlombaan penghijauan lingkungan nyaman, sejuk, indah dan asri dilingkungan kelurahan, perkantoran dan sekolah-sekolah.*** (rls/hms/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>