Rohul Seharusnya Ada Pembangunan PPI

abdul_kosimROHIL,suarariau.com – Mengingat hasil perikanan di Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau sangat melimpah dibanding dengan kabupaten/kota lainnya, untuk itu dianggap perlu adanya pembangunan Pusat Pelelangana Ikan ( PPI ). Tujuan pembangunan pembangunan PPI itu menurut pihak DPRD Rokan Hilir, guna mendorong tumbuh kembangnya sektor perikanan didaerah tersebut.
“Pelabuhan pendaratan ikan atau PPI itu harus diwujudkan,” ungkap Wakil Ketua DPRD Rohil Abdul Kosim SE di Bagansiapiapi, Selasa (24/1/17).
Seperti diketahui bahwa Kota Bagansiapiapi ( Kabupaten Rokan Hilir ), pernah menjadi eksportir ikan terbesar kedua didunia setelah Kota Bergen di Norwegia. Kala itu Bagansiapiapi masih berada diwilayah Kabupaten Bengkalis ( Riau )
“Persoalan ini sudah sering kita tegaskan dan pemerintah daerah harus jeli. Apalagi visi misi Bupati dan Wakil Bupati periode saat ini yakni menjadikan Rohil sebagai kawasan industri,” jelas Abdul Kosim yang akrab disapa Akos itu.
Akos menilai potensi perikanan di Rohil sangat besar hanya saja belum dikelola secara maksimal.
“Persoalan PPI ini juga sudah dibicarakan kepada anggota DPRD Provinsi Riau daerah pemilihan (Dapil) Rohil. Karena itu dinas terkait harus mendorong dan serius melakukan langkah-langkah konkrit,” tegas dia.
Ia menambahkan, untuk mewujudkan pembangunan PPI tersebut juga perlu dibutuhkan kesepahaman bersama.
“Kalau hanya DPRD yang mendorong sementara dinas perikanan kurang respek tidak maksimal juga,” ujar Politisi Partai Gerindra Rohil itu.
Sebelumnya Sekretaris Daerah Rokan Hilir, Drs H. Surya Arfan M.Si juga menyambut baik usulan pembangunan PPI didaerah itu.
“Saya kira tidak ada yang tidak mungkin dilakukan selama kita terus berupaya, tinggal lagi kinerja satuan kerja perangkat daerah (SKPD) nantinya,” kata Surya Arfan usai menggelar ekspose bersama DPRD terkait Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Rohil 2016-2021, di Aula Kantor Bappeda beberapa waktu lalu. (wis).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>