Melalui Musrenbang, Visi dan Misi Kabupaten Bengkalis Bisa Terwujud

mus4BENGKALIS, suarariau.com- – Musrenbang ( Musyawarah Perencanaan Pembangunan ) adalah salah satu sarana menyampaikan hasil diskusi dan pokok pokok pikiran.

Maka Bupati Bengkalis Amril Mukminin, sangat berharap kiranya berbagai pemikiran dan kerangka pembangunan Kabupaten Bengkalis yang menjadi visi-misi Kabupaten Bengkalis, untuk tahun 2018 dapat didiskusikan dalam forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2017

Hal ini disampaikan Amril Mukminin saat memberikan sambutan dihadapan Gubernur Riau, H Arsyajuliandi Rachman yang membuka secara resmi Musrenbang Kabupaten Bengkalis, di aula lantai IV kantor Bupati Bengkalis, Senin (6/3/2017).

Hadir dalam kesematan itu seperti anggota Forkopimda Bengkalis, Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Bengkalis, H Arianto, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda)  Provinsi Riau, Rahmad Rahim (sekaligus narasumer),

Kepala Bappeda Bengkalis, Jondi Indra Bustian, Pimpinan DPRD Bengkalis, H Indra Gunawan Eet dan anggota DPRD lainnya serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Agar program dan kegiatan tahun 2018 yang direncanakan benar-benar sesuai kebutuhan daerah dan keinginan masyarakat, maka Amril meminta kepada Kepala Perangkat Daerah (KPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, memperhatikan beberapa hal.

“Pertama, KPD harus mempelajari dan memahami tugas pokok dan fungsi dari masing-masing perangkat daerah sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan,” terangnya.

Kedua, lanjut Amril, KPD harus mempedomani rencana strategis kementerian dan renstra perangkat daerah di Provinsi Riau, agar terjadi sinkronisasi antara kegiatan yang diusulkan dengan agenda pembangunan Nasional dan prioritas pembangunan Provinsi Riau.

Ketiga, bangun komunikasi secara intens dengan perangkat daerah di Provinsi Riau guna mendapatkan dukungan pembiayaan pembangunan dengan membawa dokumen pendukung serta data-data yang jelas dan akurat.

“Terakhir, KPD kami minta pertajam kembali rumusan program dan kegiatan serta target indikator disetiap perangkat daerah berdasarkan hasil musrenbang ini, dengan tetap mengedepankan azas efektifitas dan efisiensi dan pertimbangan kemampuan keuangan daerah, sebelum rumusan program dan kegiatan tersebut ditetapkan menjadi RKPD Kabupaten Bengkalis tahun 2018,” jelasnya.( Mulak Sinaga )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>