Rusli Effendi: Masjid Jangan Hanya Sekedar DiJadikan Tempat Beribadah

15202749_1417219005088550_6671083599598265322_nROHIL,suarariau.com – “Mesjid bukan lah sekedar tempat untuk umat beribadah.Karena, sejak zaman dahulu Rasulalah telah menjadikan Mesjid sebagai sarana untuk membahas dan memecahkan berbagai persoalan, seperti sosial, politik, strategi dan keamanan.” Ujar Rusli Effendi Selasa ( 7/03/17 ) malam

Hal tersebut disampaikan Rusli saat menghadiri acara Silaturahmi dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) di Aula Lantai IV Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Rokan Hilir, Jalan Merdeka, Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir -Riau

Selain dijadikan sebagai sarana untuk beribadah. Mesjid juga menurut Ketua Umum Yayasan Istiqlal Indonesia dan Sekretaris Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI) Jakarta, H Rusli Effendi, S.Pd.I, SE, M.Si, patut dijadikan dan difungsikan sebagai tempat membahas kegiatan ekonomi, sosial, kesehatan dan problem solving.

Tema yang diangkat dalam silaturahmi malam itu, yaitu“Peranan Masjid dalam Membangun Peradaban”. Dan yang hadir pada acara tersebut seperti Sekretaris Daerah (Sekda) Rohil Drs. H Surya Arfan M.Si, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Rohil H. Agustiar, Wakil Ketua DMI Rohil Jaka Abdillah S.Ag, Ketua Harian Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Rokan Hilir H. Rasyid Abizar dan Anggota DPRD Imam Suroso, SE.

Bila disimak dari pertemuan atau silahturahmi malam itu.Rusli yang merupakan putra terbaik Rohil ini ingin mengembalikan kekuatan masjid sebagai sentral atau jantungnya peradaban, sekaligus memperbaiki spiritualitas maupun moralitas, karena menurutnya semuanya itu ada di masjid.

Ucapan atau ajakan itu disampaikan Rusli, mengingat Negara Indonesia adalah merupakan negara yang berpenduduk moralitas penganut agama Islam. Dan Rokan Hilir  dikenal dikenal dengan julukan negeri Seribu Kubah.

“Kubah itu kan simbol masjid, maka seharusnya orang-orang Rohil itu harus taat ke masjid. Tapi taat ke masjid bukan hanya sekedar beribadah, melainkan disitu ada nilai-nilai dan fungsi-fungsi sosial lainnya,” jelasnya.

Untuk mengembangkan fungsi masjid tersebut, ia berharap kepada dewan masjid, lembaga dakwah, Kemenag Rohil, termasuk pemerintah daerah harus komitmen sesuai dengan tema yang disebutkan diatas.

Bahkan ia mengusulkan dari Kampus STAI Ar-Ridha Bagansiapiapi agar slogan Negeri Seribu Kubah di perdakan, sehingga isi dari program kesejahteraan dari Kementerian Agama dengan ormas-ormas Islam bagaimana masjid tersebut menurut Rusli bisa sebagai basis perbaikan akhlak, peningkatan sosial dan lain sebagainya.

“Seperti di Pekanbaru ada Masjid Paripurna. Disana lingkup Mesjid itu ada sekolah, Supermarket.Dengan demikian kita mendorong generasi muda suka ke Mall atau ke Supermarket tapi dia juga tertarik untuk ke masjid.Nah, disitulah kita membina akidah, ibadah dan akhlak mereka,” Kata Rusli.

Untuk merangkul generasi muda agar mencintai Masjid, menurutnya tidak terlepas dari peranan orangtua membawa anaknya ke masjid. “Insya Allah dengan gerakan cinta masjid Peranan Masjid dalam Membangun Peradaban itu bisa terwujud,” ujarnya.

Sekda Rohil Surya Arfan juga menilai, banyak sisi yang bisa dikembangkan sehingga masjid bisa dijadikan sebagai tempat berbagai aspek kehidupan masyarakat.

“Tentunya akan menjadi bahan bagi kita terutama pengurus masjid dan umat Islam dalam rangka untuk terus mengembangkan Syiar Islam di Rokan Hilir ini,” kata Sekda.

Dipenghujung acara juga dilakukan penyerahan Plakat dari Badan Pelaksana Masjid Istiqlal Jakarta oleh Sekretaris BPPMI H. Rusli Effendi kepada Sekda Rohil H. Surya Arfan. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan buku tentang Tata Cara Pengelolaan Masjid kepada Wakil Ketua DMI Rohil Jaka Abdillah. (wis/d).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>