Lana Tambunan Dorong Pemkab Rohil Untuk Meningkatkan Pasilitas di Palika

FB_IMG_1489497070922ROHIL,suarariau.com –Lana Tambunan memberikan dorongan dan himbauan kepada Pemkab ( Pemerintah Kabupaten ) Rokan Hilir, agar segera membangun beberapa sarana penunjang kesehjateraan ,masyarakat PALIKA ( Pasir Lamau Kapas

Adanya dorongan dan himbauan itu kepihak Pemkab Rokan Hilir menurut Lana Tambunan, mengingat sarana/ pasilitas penunjang kesehjateraan masyarakat yang ada di PALIKA saat ini dianggap sangat minim

Hal tersebut disampaikan Pemerhati Lingkungan asal Panipahan, Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika), Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, Lana Tambunan, saat dirinya berkunjung dari Kota Cawang, Jakarta Timur (Jaktim) Ke Panipahan –Rokan Hilir ( Riau ), Kamis ( 16/03/17 ) tadi

Adapun pasilitas yang dia maksud sangat minim seperti sarana air bersih yang higenis, septi tank untuk pembuangan BAB, pasilitas rumah sakit ataupun puskesmas yang layak, sarana transportasi darat, membangun tempat khusus bagi pedagang kaki lima (PKL), pembagian rumah layak huni (RLH) kepada masyarakat tidak mampu dan menertibkan para PKL disekitar Jalan Bakti yang saban hari menimbulkan kemacetan

“Karena Panipahan sudah merupakan salah satu kota tua di Rokan Hilir, maka kita minta dan himbau pemerintah daerah agar menambah dan membangun beberapa pasilitas didaerah ini.” Ujar Lana Tambunan kepada media ini, Kamis (16/03/17).

Lana juga menyebutkan Pemda Rokan Hilir juga perlu membuat sebuah peraturan daerah (Perda) cara buang sampah yang benar serta menyediakan pasilitas seperti tong sampah agar lingkungan bersih, tidak banyak nyamuk serta sungai dan laut jadi bersih sehingga tidak tercemar oleh limbah sampah yang dibuang sembarangan.

Menurutnya untuk menunjang kemajuan anak didik Panipahan, Kecamatan Palika perlu dibangun sebuah laboratorium berbasis komputer disekolah-sekolah agar tidak ketinggalan dengan daerah lain dan mampu bersaing dengan daerah lain.

Dia menilai, para guru, tenaga medis dan pegawai yang mengurus masalah kependudukan perlu diberikan pembekalan dengan memberikan pelatihan-pelatihan tujuannya  untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang benar-benar bisa diandalkan.

Ditambahkan, Pemda Kabupaten Rokan Hilir juga perlu membangun sebuah tempat rekreasi atau tempat hiburan dan taman bermain keluarga seperti pantai yang dipoles sedemikian rupa sehingga dapat menarik perhatian para pengunjung sehingga ini bisa menjadi sumber pemasukan daerah Rokan Hilir yang kaya akan suber daya alamnya.

Wanita cerdas yang tinggal di Kota Cawang, Jakarta Timur ini juga menyoroti pasilitas publik lainnya seperti tiadanya Kantor Pos sehingga masyarakat merasa kesulitan dengan urusan pengiriman barang dan paket lainnya kedaerah lain dan harus melalui Kota Bagansiapiapi sementara jarak tempuh dari Panipahan-Bagansiapiapo teramat jauh.

Selain itu pemerintah daerah juga perlu menyediakan lapangan pekerjaan serta membangun sebuah perguruan tinggi agar putra-putri daerah asli Rokan Hilir tidak jauh-jauh merantau lagi  sehingga bisa membangun daerahnya sendiri.

“Kami pun bangga pernah dilahirkan dan dibesarkan di Panipahan tercinta, sehingga nantinya Panipahan layak disebut kota dan bukan desa yang minim pasilitas, trima kasih,” imbuhnya. (wis).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>