Sampaikan Kondisi Keuangan Daerah Kepada asyarakat, Pemda Rohil Undang Kalangan Wartawan

IMG-20170412-WA0030ROHIL,suarariau.com—Untuk menyampaikan kondisi keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau kepada publik (masyarakat), Pemda Rohil mengambil kebijakan mengundang wartawan yang bertugas di Kabupaten Rokan Hilir,Rabu (12/04/17)

Selain membahas masalah kondisi keunagan dalam pertemuan yang dilaksanakan di ruang rapat sekda, di Lantai III, Kantor Bupati di Batu Enam itu, pihak Pemda Rohil bersama wartawan juga membahas permasalahan lainya

Dalam rapat tersebut, Surya Arfan mengatakan bahwa kondisi keuangan didaerah Kabupaten Rokan Hilir saat ini tengah mengalami pengurangan dari dana bagi hasil (DBH), khususnya sektor minyak dan gas (migas) separuh dari Rp 3 miliar yang dikucurkan oleh pemerintah pusat.

“Cukup signifikan sehingga bila biasanya APBD hampir Rp3Triliun, kini terpangkas separuh lebih,” ucap Surya.

Dalam pertemuan itu turut hadir sejumlah Kepala Bagian (Kabag) di lingkungan sekretriat daerah. Sementara itu puluhan wartawan dari berbagai media, baik cetak, online dan media elekronik lainnya.

Dalam diskusi antara pemerintah daerah dan kalangan awak media membahas berbagai persoalan daerah nmenyangkut soal kerja sama media serta terkait pemberitaan kegiatan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir.

Selain itu, dalam pertemuan, wartawan juga mempertanyakan soal penataan aset daerah, seperti mobil dinas, pengembangan sektor non migas yang dapat meningkatkat pendapatan asli daerah (PAD), serta isu mengenai Blok Rokan, peningkatan kapasitas badan usaha milik daerah (BUMD), dan penguatan pemberdayaan petani lokal serta penggalian PAD dari sektor pariwisata.

Surya juga menimpali pertanyaan wartawan, menurutnya pengurangan itu tentu akan berimbas kepada program-program yang tengah dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, termasuk kebijakan kerjasama antara Pemkab Rohil dan pihak media yang selama ini sudah berjalan dengan baik.

“Karena peran media sangat besar pengaruhnya terhadap penyebarluasan informasi terkait kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah Rokan Hilir,” kata Surya.

Pertemuan itu berjalan santai dan aman, namun dihujani pertanyaan oleh wartawan, tetapi suasana pertemuan tetap mencair. (wis).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>