Anggota DPRD Rohil Ajak Pemerintah Serius Mengembangkan Candi Sintong

images-48ROHIL,suarariau.com –Salah seorang Anggota DPRD Kabupaten Rokan Hilir (Rohil),  Afrizal  meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Rokan Hilir untuk lebih serius meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui sektor pariwisata

Salah satunya dengan mengembangkan Situs Candi Sintong yang berada di Kecamatan Tanah Putih, Rokan Hilir, Provinsi Riau.

“Jadi kalau ingin betul-betul mengembangkan Candi Sintong itu jangan tanggung-tanggung, harus fokus,” ujar Afrizal kepada wartawan, Kamis (27/10/16).

Namun, menurut dia untuk mengembangkan Candi Sintong sebagai salah satu objek wisata andalan Rokan Hilir membutuhkan anggaran yang sangat besar.

Dia juga mencontohkan salah satu bangunan Masjid yang menjadi daya tarik dan icon wisata di Kabupaten Rokan Hulu yang ramai dikunjungi parawisatawan lokal dan nasional.

Dia berujar, bangunan Patung Buaya dilokasi wisata Batu Enam Bagansiapiapi, Rokan Hilir setiap hari ramai dikunjungi warga dari berbagai daerah di Rohil. Untuk itu dia menyarankan, agar  mengembangkan Candi Sintong Pemkab Rohil harus menyiapkan dana sebesar Rp 50 miliar.

Menurutnya keberadaan Situs Candi Sintong memiliki keunikan tersendiri. Bahkan disekitar Candi itu juga memiliki kolam legenda tempat Putri Hijau Mandi.

“Memang dahulu masyarakat setempat memanfaatkan bongkahan batu Candi Sintong untuk membangun Masjid, kala itu tahun 70-an. Untuk kolam tempat mandinya Putri Hijau sekarang juga masih ada,” tuturnya.

Masih menurut dia Situs Candi Sintong merupakan peninggalan bersejarah dengan legenda yang disebut masyarakat dengan legenda Putri Hijau.

Kala itu disekitar Sungai Sintong, dimana seorang raja setempat pernah jatuh berkuda, dan ketika itu pula dia melihat seorang putri mandi. Putri tersebut ternyata Putri Hijau yang datang dari Medan, Sumatera Utara.

“Akhirnya terjadilah perkawinan dan dibuatlah sebuah istana yang sekarang merupakan Situs Candi Sintong yang dilengkapi dengan kolam tempat mandinya putri tersebut,” kata Afrizal dipenghujung ceritranya. (wis).

About the author /


Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *