Dinas Kesehatan Rohil Akan Cek Izin Depot dan Kualitas Air Isi Ulang

Rohil, suarariau.com -Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau mengaku rutin melakukan pengecekan kualitas  air  dan izin depot air isi ulang yang berada di Kabupaten Rokan Hilir. Namun, walaupun pihak Diskes kerap melakukan pengecekan, fakta dilapangan masih ditemukan kemasan air galon yang  mengeluarkan roma tidak sedap.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Rokan Hilir, dr.Junaidi Saleh mengungkapkan jika ada konsumen mengeluh atas temuan tersebut pihaknya akan melakukan pengecekan lapangan guna mempertanyakan izin depot itu.

Selain itu pihaknya juga mengaku sudah melakukan pengujian laboratorium atas semua depot air minum yang beroperasi diseluruh Kabupaten Rokan Hilir.

“Jika ada konsumen mengeluh dengan kondisi air isi ulang yang dibeli dari kedai atau depot seperti mengeluarkan aroma bau tidak sedab, itu perlu dipertanyakan izinnya,” kata Junaidi kepada wartawan, Jumat, (25/11/16).

Junaidi juga berani menjamin bahwa seluruh depot yang beroperasi di Rokan Hilir sudah mengantongi izin resmi, jika tidak, pemilik depot serta izin usahanya akan dicabut.

Pada proses tahap awal untuk mengeluarkan izin pendirian depot, diperiksa sumber airnya, layak apa tidak. Jika layak maka izin akan dikeluarkan. Namun, untuk air isi ulang yang diwarung kita tidak tahu dan akan ditelusuri,” urainya.

Dia menambahkan biaya yang besar menjadi kendala dalam melakukan pemeriksaan ulang air di laboratorium bagi pemilik depot.

Untuk itu, ke depan pihaknya akan mempersiapkan peralatan atau laboratorium mini untuk pemeriksaan air untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kepada masyarakat dihimbau untuk lebih teliti ketika membeli air isi ulang, jika ada temuan segera laporkan agar dapat ditindaklanjuti,” imbuhnya. (wis)

About the author /


Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *