Lebih dari 30 Kelompok Militan Bergabung dengan ISIS

NEW YORK – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB, Ban Ki-moon mengatakan, 34 kelompok militan di seluruh dunia dilaporkan telah berjanji setia kepada kelompok ekstrimis ISIS pada pertengahan Desember lalu.

“Kelompok-kelompok militan dari Filipina, Uzbekistan, Pakistan, Libya dan Nigeria telah berjanji setia, sehingga menjadikan ISIS ancaman yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Ki-moon seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu (6/2/2016).

Dikatakan oleh Ki-moon, kemunculan ISIS telah difasilitasi oleh konflik yang berlarut-larut di Irak dan Suriah dan mengakibatkan ketidakstabilan politik serta keamanan.

“Dalam waktu kurang dari dua tahun, ISIS telah mencaplok sebagian besar wilayah di Irak dan Suriah. Mereka mengelola, menguasai struktur birokrasi yang menghasilkan pedapatan yang cukup fleksibel dan beragam untuk mengkompensasi penurunan pendapatan dari satu aliran pendapatan,” katanya.

Ki-moon mengungkapkan, terbaru ISIS menebar pengaruh di barat dan utara Afrika, Timur Tengah, selatan dan tenggara Asia. Hal ini menunjukkan kecepatan dan skala di mana gravitasi dari ancaman ISIS telah berkembang hanya dalam 18 bulan.

“Pada tahun 2016 dan seterusnya, negara-negara anggota PBB harus mempersiapkan untuk peningkatan lebih lanjut jumlah teroris asing yang bepergian ke negara-negara lain atas instruksi dari ISIS,” tukas Ban

Sumber  :  SINDONEWS.COM

About the author /


Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *