MTQ Tingkat Kecamatan Rupat, Desa Pangkalan Nyirih Raih Juara Umum

Asisten Administrasi Umum, H Hermanto menyerahkan piala bergilir kepada desa Pangkalan Nyirih yang diterima Kades Hasan Basri saat penutupan MTQ ke-40 tingkat kecamatan Rupat, Selasa (10/05).

BATUPANJANG,Suara Riau.Com –Saat ini warga yang dipimpin Kepala Desa Pangkalan Nyirih Kecamatan Rupat,Hasan Basri,cukup bangga dan gembira.Karena selain mereka bisa bertatap muka langsung dengan para petinggi/pejabat Kabupeten Bengkalis.

Mereka juga dinyatakan sebagai juara umum dan berhak menerima piala bergilir dalam ipen perebutan piala bergilir pada MTQ ( Musabaqah Tilawatil Qur’an ) Ke 40 tingkat Kecamatan Rupat,yang diadakan dan dipusatkan lapangan bola Desa Parit Kebumen beberapa hari lalu.

Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Bengkalis,H Hermanto Baran,selaku pihak yang mewakili Bupati Bengkalis,Amril Mukminin,SE MM,saat menyerahkan pila bergilir kepada juara umum pada acara MTQ Ke 40

Mengatakan sangat bangga dengan prestasi yang diraih Desa Pangkalan Nyirih.”Semoga prestasi yang telah diraih,bisa semakin meningkat.”Ujar H Hermanto Baran, Selasa (10/05) malam,diselah hendak membacakan kata sambutan dari Buapti Bengkalis,Amril Mukminin,SE MM.

Selain mengucapkan selamat kepada peserta MTQ yang berprestasi, Hermanto Baran saat membacakan sambutan Bupati kembali menegaskan fungsi Al quran, yakni merupakan petunjuk manusia dari kesesatan, merupakan penjelasan yang mengantarkan kepada hukum-hukum yang benar, dan merupakan pembeda antara yang haq dan batil.

“Al quran adalah sebagai petunjuk qalbu manusia bagi yang mengimaninya, membenarkannya, dan mengikutinya. juga sebagai dalil-dalil dan hujjah yang jelas dan nyata bagi yang memahami dan mentadabburinya”, ujarnya.

Karena,Alquran adalah petunjuk bagi manusia (huda linnaas), dan juga penjelasan-penjelasan (bayyinnaat) yang khusus tentang hukumnya, baik yang muhkam maupun mutasyabih, juga sebagai al furqan, yakni pemutus perkara yang haq dan yang batil.

Karena Alqur’an menurut Hermanto telah memberikan jalan bagi manusia.Maka, kata Hermanto, Alquran hendaknya dijadikan sebagai sumber kebenaran bagi kehidupan manusia untuk bisa menyibak jalan lurus dari segala kesesatan dan memberikan bekal pengetahuan hukum kepada manusia

Karena selain untuk bisa memutuskan berbagai perkara yang dihadapi, tahu mana yang haq dan mana yang batil, mana yang halal dan mana yang haram.Perlombaan atau ipen MTQ ini juga menurut Hermanto,juga berfungsi dan bermanfaat untuk semua golongan tilawah yang diperlombakan.

Demikian halnya dengan Saiful Nizam,selaku peserta cabang Tilawah Alquran golongan dewasa putra utusan desa Pancur Jaya.Selaku qori terbaik yang diberikan kesempatan untuk melantunkan ayat suci saat acara penutupan juga menyebutkan.

“Tanpa Alquran manusia berada dalam jalan kesesatan, tak akan mampu membuka tabir kegelapan dan tak akan mampu memutuskan perkara apapun dengan kebenaran yang hakiki. oleh karena itu, kebenaran Alquran bersifat mutlak, berlaku bagi siapapun, di mana pun dan sampai kapan pun selama dunia ini masih ada” pungkasnya,qori terbaik itu.

Malam penutupan MTQ yang diikuti 287 peserta dari 17 desa kelurahan dan LPTQ Rupat ini turut diserahkan hadiah bagi pemenang festival rebana yang digelar selama helat MTQ. Juara 1 diraih kelurahan Terkul, juara II desa Darul Aman, juara III desa Sungai Cingam, sedangkan harapan I diraih desa Pangkalan Nyirih.

Dalam acara penutupan itu,Asisten Administrasi Umum,Kasi PMD Camat Rupat Agafri, Kades Parit Kebumen Fadil, dan sejumlah tamu undangan lainnya juga tampak hadir.( Mulak Sinaga )

About the author /


Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *