Pembuatan Marka Jalan di Bagansiapi-api Kota Disengaja Overlay

ssROKAN HILIR,Suara Riau—Baru baru ini, jalan Bagansiapi –api Kota yang baru aspal dipasang marka.

Dan pembuatan marka jalan di Kota Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Propinsi Riau itu terlihat sedikit Overlay.

Menariknya,yang mengusulkan adanya pemasangan marka jalan sampai Overlay itu,dikabarkan justru atas usulan pihak dari Dinas Perhubungan Darat Kabupaten Rokan Hilir

Hal tersebut terungkap dari pengakuan Kepala Bidang (Kabid) perhubungan darat, Susilo.Dimana dalam penyampaiannya Susilo selaku pihak yang mewakili Plt Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Rokan Hilir, Rahmatul Jamri

Dia mengaku kalau pembuatan/pemasangan aspal dan marka jalan sampai Overlay adalah berdasarkan atas usulan mereka

“Seperti yang kita lihat, bahwa akibat adanya pengaspalan yang baru, seluruh marka jalan yang terpasang lama jadi terhapus.Karena udah tertutup dan tidak Nampak lagi, maka kami usulkan adanya pemasangan/pembuatan marka jal;an yang baru.” Ungkap kabid Perhubungan Darat Dishubkominfo Rohil Soesilo, Selasa (16/8/16) di Bagansiapiapi.

Ia membeberkan marka jalan merupakan salah satu fasilitas yang dianggap penting bagi keselamatan pengguna jalan, di mana garis marka ini baik berupa garis lurus ataupun menyerong dapat di gunakan untuk memberikan petunjuk bagi para pengguna jalan agar tidak terjadi kecelakaan.

Namun, kenyataanya banyak orang yang belum mengetahui arti dari pada garis marka yang ada di tepi atau pun Tengah jalan, Kebanyakan dari pengguna jalan menganggap bahwa garis marka ataupun lambang marka hanya hiasan saja.

“Padahal marka jalan itu penting fungsinya bisa sebagai penunjuk arah jika misalnya terjadi tabrakan maka melihat marka bisa turut menjadi dasar hukum yang kuat siapa yang tidak taat aturan lalu lintas dalam tabrakan itu,” kata Soesilo.

Pihaknya menargetkan pembuatan marka jalan di seluruh overlay yang kini sedang dikerjakan oleh dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP) Rohil. Seperti diketahui BMP tengah membangun overlay sekitar 12 kilometer di Bagansiapiapi.

Menyikapi itu maka dishubkominfo berencana membuat marka dengan taksiran sepanjang 36 kilometer karena pada satu badan jalan terdapat tiga garis marka, di kiri dan kanan serta di bagian tengah badan jalan.(wis).

About the author /


Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *