Pencegahan Karhutla Rohil Dapat Bantuan Peralatan Kebakaran Dari APBD Tk I Riau

Rohil Dapat Bantuan Fasilitasi Pemadam KebakaranROKAN HILIR,Suara Riau.Com-Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir saat ini boleh legah.Karena dengan adanya bantuan 14 Item berupa peralatan kebakaran dari BPPD Riau.Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir,sedikit terbantu didalam menangani masalah kebakaran yang kerap terjadi di Rokan Hilir.

Bantuan bersifat pinjam pakai peralatan kebakaran itu,diserahkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau,melalui Kasubdit Distribusi dan Logistik BPBD Provinsi Riau, Suarfianto ST kepada Kepala BPBD Kabupaten Rokan Hilir ,Azhar Achmad Ali dan Plt Sekda Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Drs Surya Arfan M.Si,Rabu ( 6/4 ).

Penyerahan bantuan juga disaksikan Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Hasrial, Kepala Badan Pembangunan Daerah (Bapeda), Job Kurniawan, Rabu (06/04/16) di Bagansiapiapi.

Jenis bantuan yang diterima oleh pihak Pemda Kabupaten Rokan Hilir itu,seperti 2 set tenda pengungsi, 2 ser tenda keluarga, velbed 26 buah, pompa sibhura TF 745 1 buah, pompa apung merk kawasaki 2 unit, pompa apung merk honda 2 unit

Selang buang ukuran 2,5 inci 100 gulung, selang buang ukuran 1,5 inci 4 gulung, lampu solar sel untuk tenda 10 buah, nozel 2,5 inci 4 buah, Y Conecsion 2,5 x 2.0 1 buah, selang isap ukuran 3 inci 1 buah, stang gambut 3 buah dan suntikan gambut 2 buah.

Atas bantuan Pemprov Riau itu, Plt Sekda Rohil,Surya Arfan mengucapkan terima kasih dan berjanji akan menggunakan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya.Dan berkata akan meletakkan bantuan dari Pemrov dikawasan rawan kebakaran,kususunya di Kecamatan Tanah Putih, Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan dan sekitarnya.

Kebetulan kata Surya,saat ini di Kecamatan Bangko Pusako sedang mengalami kebakaran lahan dan hutan (karlahut) juga membutuhkan 1 unit mesin pompa air merek Shibura TF 745 yang memiliki daya tembak mencapai 1,5 kilo meter.”Pompa ini sangat epektif untuk pemadaman api,”kata Surya.

Surya menambahkan,bahwa Pemkab Rohil saat ini tengah membangun 3 unit posko karlahut. Satu di Kantor Mapolres Rohil di Kelurahan Banjar XII Ujung Tanjung, satu di Kantor Makodim 0321 Rohil dan di Kantor polisi kehutanan di Ujung Tanjung.

“Selain itu, pemkab Rohil dalam waktu dekat akan mengusulkan bantuan jenis mobil serbaguna, mobil ambulance serta perahu apung kepada pemerintah provinsi melalui BPBD Riau,”ujar Sekda.(RR/WS/Red)

About the author /


Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *