Tiga Wilayah di Rohil Akan Menjadi Lokasi Prioritas BPP

20160920_161111ROHIL, suarariau.com– Kepala Badan Pengelola Perbatasan (BPP) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Wazirwan Yunus mengatakan Pemerintah Daerah (Pemda)  Kabupaten Rohil sedang menggalakkan pembangunan di kawasan perbatasan di tiga wilayah.

Wilayah yang menjadi prioritas Badan Pengelola Perbatasan (BPP) itu yakni Panipahan di Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kecamatan Sinaboi dan Kecamatan Bangko yang menjadi skala prioritas.

 

“Untuk menyatukan persepsi didaerah.  Pemda Rohil akan menggandeng seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan pejabat vertikal dan instansi terkait lainnya,” katanya kepada wartawan,  Selasa (20/09/16) tadi sore di Lantai IV Kantor Bupati, Jalan Merdeka, Kabupaten Rokan Hilir, Propinsi Riau usai menggelar rapat koordinasi.

 

Untuk itu menurut dia, perlu sinergitas dari  seluruh stake holder yang ada dan harus menyatu mengusulkan program prioritas ke Kementerian dan Kelembagaan negara.

 

Jelasnya lagi pengelolaan wilayah perbatasan ini merupakan salah satu program Nawacita ke-3 Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) yakni membangun Indonesia mulai dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan seluruh desa dalam kerangka negara kesatuan RI.

 

Selain itu menurutnya Panipahan sejak zaman dahulu dikenal dengan pusat perdagangan tradisional lintas batas antara Indonesia dengan Malaysia. Untuk itu dirinya berharap perdagangan tradisional lintas batas sebaiknya dilegalkan agar perekonomian didaerah itu bisa berjalan.

 

“Jadi sebelum kita dimekar menjadi kabupaten perdagangan tradisional lintas batas di tiga kecamatan ini  sudah ada, jadi mengapa harus kita tinggalkan, coba kita hidupkan kembali demi kesejahteraan rakyat didaerah itu,” tandasnya.

 

Ada 22 Lokasi Prioritas (Lokpri) yang ada di enam kabupaten/kota di Provinsi Riau yakni Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, Pelalawan, Meranti, Indragiri Hilir dan Kota Dumai. (wis).

About the author /


Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *