TKBM Dumai Menuntut Dana Kompensasi Ke PT. CPI

caltexDUMAI, Suara Riau.Com – -Karena tidak merealisasikan dana kompenisasi kesehjateraan dari dermaga khusus NBF Dumai kepada pihak Buruh TKBM  ( Tenaga Kerja Bongkar Muat ) Pelabuhan Dumai.

Maka pihak TKBM  ( Tenaga Kerja Bongkar Muat ) Pelabuhan Dumai.melayangkan tuntutan kepada pihak PT.Chevron Pacific Indonesia (CPI)

Adanya tuntutan dari pihak TKBM itu terungkap dari Ketua TKBM Dumai, Agus Budianto.

Dimana dalam penuturannya.Budianto,menuturkan,kalau akibat tidak terealisasinya  kesepakatan antara asosiasi perusahaan bongkar muat (APBMI) Dumai dengan koperasi TKBM, terhadap dana kesejahteraan tenaga kerja bongkar muat dari kegiatan pekerjaan di Dermaga Khusus NBF PT. CPI Dumai.

Pihak mereka jadi merasa dirugikan dan dipermainkan oleh pihak PT CPI

 “Kemudian pada tanggal 4 Desember 2015, pihak TKBM kembali menyurati PT.CPI, namun belum juga ada jawaban atau tanggapan. Karena menyangkut hak buruh TKBM yang dilindungi oleh Undang-Undang, maka perlu untuk di publikasikan,”terang Budi.

Dan masalah hak hak buruh ini menurut Agus Budianto telah pernah mempertanyakan kepada pihak PT. CPI melalui Tommy Sibuea. Namun hingga kini menurut Budi,pihak PT CPI belum ada respon. Padahal kesepakatan antara koperasi TKBM denganAPBMI diketahui oleh pihak Adpel Dumai.

“Kita akan tetap berjuang dan menunggu langkah persuasive. Jika pihak PT.CPI tidak merespon, kita akan tempuh jalur hukum yang sesuai dengan aturan dan Undang-undang,”tegas Agus.

Sementara pihak PT CPI sendiri,saat dikonfirmasi wartawan melalui Manager Corporate Communications.Pihak PT CPI justru mengatakan kalau kegiatan bongkar muat di Pelabuhan khusus harus melalui proses tender.Hal tersebut menurut mereka sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

“Bahwa segala hal yang berkaitan dengan teknis operasi dilapangan.termasuk kegiatan  kontraktor/mitra bisnis yang dihunjuk.Harus sesuai dan tertuang didalam kontrak yang disepakati oleh kedua belah pihak.”Ungkap Manager Corporate Communications,Prasasti Asadhimtra lewat Emailnya,Kamis ( 16/06/16 ) kemarin,menjawab wartawan.(Tim/KR )

About the author /


Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *